Home Berita Terkini Launching Aplikasi SiMoral, Inovasi Satu Data di Pemkab Bateng

Launching Aplikasi SiMoral, Inovasi Satu Data di Pemkab Bateng

159
0
SHARE
Launching Aplikasi SiMoral, Inovasi Satu Data di Pemkab Bateng

Simpang Katis -  Bupati Bangka Tengah, Dr.Ir.H. Ibnu Saleh, MM., sangat mendukung proyek perubahan yang merupakan hasil Diklat Kepemimpinan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfosta) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Mulyanto, AP., M.Si., berupa aplikasi SiMoral (Statistik Makro dan Sektoral) dengan tema Menuju Bangka Tengah Satu Data Untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Unggul, Jumat (14/08/2020).

Menurut Ibnu Saleh dalam membangun harus berbasis data. Harapannya, aplikasi SiMoral ini dapat dijadikan bahan acuan dan dikembangkan sehingga data-data yang ada di Bangka Tengah betul-betul bisa terverifikasi dan tervalidasi, sewaktu memberikan sambutan di Desa Sungkap Kecamatan Simpang Katis.

“Apa yang akan direncanakan harus berbasis data. Sehingga perencanaan yang dibuat saat ini untuk masa yang akan datang akan dapat diproyeksi berdasarkan data yang sudah terverifikasi dan tervalidasi. Sehingga pembangunan di Bangka Tengah akan lebih baik dari masa ke masa,” tutur Ibnu.

“Kami harapkan kepada seluruh perangkat daerah di Bangka Tengah untuk mendukung dan terus mengupdate data-data yang ada di sektor masing-masing sehingga nantinya pembangunan yang sistematis dapat dilaksana dengan baik dan benar,” harap Ibnu Saleh mengakhiri sambutannya.

Senada dengan Bupati Bangka Tengah, Mulyanto selaku Kepala Diskominfosta mencetuskan Aplikasi SiMoral ini mengingat bahwa perencanaan pembangunan harus berbasis data. Selama ini data yang ada masih secara parsial berada di masing-masing perangkat daerah. Data yang dikeluarkan pun tidak melalui satu pintu sehingga perlu mengintegrasikan data itu agar bisa terintegrasi dan dikeluarkan melalui satu pintu.

Selain itu sesuai dengan Pasal 1 ayat (1) Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia disebutkan “Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk”.

“Berkenaan dengan inilah, adanya Satu Data di Bangka Tengah yang dikelola oleh Diskominfosta, masing-masing data yang ada di OPD, bisa disatukan. Melalui aplikasi SiMoral ini diharapkan data itu setiap bulannya bisa terkompilasi dengan baik. Tidak ada lagi data yang diminta oleh pimpinan misalnya, terjadi saling melemparkan tanggungjawab, beralasan tidak memegang data yang diminta, atau tidak tahu dimana menyimpannya. Dengan adanya aplikasi SiMoral ini, jika ada data yang dibutuhkan maka pimpinan bisa mengakses secara langsung data yang diperlukan sebagai pijakan data untuk menyusun perencanaan pembangunan, “ harap Mulyanto.

Diskominfosta yang bertindak sebagai wali data, mengharapkan agar penginputan melalui aplikasi SiMoral ini akan terus dilaksanakan setiap tahun dan akan selalu update. Aplikasi ini memang belum sepenuhnya sempurna, baru dalam tahap penyusunan namun besar harapan ke depannya bisa menyempurnakan hal penginputan maupun jenis-jenis data yang ditampilkan dalam SiMoral ini.* (WEE/APJ/Foto: RDT)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah