Home Berita Terkini Dinas Pangan Bateng Dukung Program Gema Sabuk Amang dan KRPL Dinas Pangan Provinsi Babel

Dinas Pangan Bateng Dukung Program Gema Sabuk Amang dan KRPL Dinas Pangan Provinsi Babel

615
0
SHARE
Dinas Pangan Bateng Dukung Program Gema Sabuk Amang dan KRPL Dinas Pangan Provinsi Babel

Koba -  Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah memfasilitasi program gerakan gemar makan sayur, buah, umbi-umbian, kacang-kacangan dan ayam merawang (Gema Sabuk Amang) sekaligus pencanangan Kampung Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Desa Nibung Kecamatan Koba, Kamis ( 10/10/2019) pagi.

Gerakan Makan Sayuran, Buah, Umbi-umbian, Kacang-kacangan dan Ayam Merawang yang disingkat GEMA SABUK AMANG ini sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung nomor 30 tahun 2018. Gema sabuk amang sendiri dilaksanakan guna mempercepat, menyinergikan kegiatan dan tindakan promotif serta preventif hidup sehat guna meningkatkan produktivitas masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. Ahmad Damiri, menuturkan kegiatan ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan di tahun 2019 ini, yang sebelumnya dilaksanakan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Kegiatan mensosialisasikan Gema sabuk Amang ini erat kaitannya dengan pola konsumsi di Indonesia yang secara umum masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Berbagai faktor turut mempengaruhi hal tersebut terjadi," kata Damiri.

Lebih lanjut Damiri menambahkan, di Bangka Belitung sendiri rata-rata pola konsumsi masih di angka 81% di mana idealnya adalah 100%. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap rumah tangga, menunjukkan kurangnya mengonsumsi buah dan sayuran.

"Dikenal dengan istilah B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) yakni merupakan aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang seimbang pula," tuturnya.

Di samping itu, lanjut Damiri, pada hari ini juga dilakukan kegiatan pencanangan kampung Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Nibung Kecamatan Koba. Kedepannya akan lebih dikembangkan dan diharapankan akan menjadi percontohan untuk daerah lainnya.

"Dukungan semua pihak tentunya sangat dibutuhkan terutama Camat setempat, disamping itu juga peran Kepala Desa beserta perangkat kelembagaan yang ada di desa turut andil dalam menyukseskan program ini," harapnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat, Elly Irsyah, SH saat membacakan sambutan Bupati Bangka Tengah mengatakan, aspek konsumsi pangan sangat erat kaitannya terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM yang baik sangat ditentukan oleh jumlah asupan pangan yang dikonsumsi, masalah gizi yang terjadi pada masa tertentu akan menimbulkan masalah pembangunan di masa akan datang.

 

"Setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Lalu, mengubah pola konsumsi yang serba siap saji/instan menjadi makanan yang sehat dengan memanfaatkan sumber pangan lokal yang ada di sekitar kita dan mempertimbangkan prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA)," katanya.

Elly menambahkan, pencanangan KRPL mendukung percepatan pelaksanaan penganekaragam konsumsi pangan dengan pemberdayaan kelompok wanita tani untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pengembangan kawasan rumah pangan lestari.

"Diharapkan halaman rumah masyarakat dapat digunakan untuk menanam berbagai jenis tanaman seperti cabe, sawi, bayam, kangkung, dan lain-lain. Sehingga ibu-ibu dapat menyajikan hidangan di atas meja dengan makanan yang berkualitas dan sehat,” lanjut Elly.

Pemukulan gong dan pemotongan pita menandai dicanangkannya kampung Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Nibung sembari meninjau kawasan tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan, Kepala  Bappelitbangda Bangka Tengah, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Camat Koba, Kepala Desa Nibung, Perwakilan Polsek Bangka Tengah, Perangkat Desa Nibung, Perwakilan TP PKK Bangka Tengah, KWT Mentari Desa Nibung, KWT Dahlia Simpang Perlang, para tokoh agama, para tokoh masyarakat, siswa-siswi SDN 7 Koba kelas IV dan V, para guru serta masyarakat Desa Nibung.* (RIN/WEE/Foto: IAN)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah