Home Berita Instansi dan Kementerian Bupati Bateng Kunjungi KRPL Desa Nibung

Bupati Bateng Kunjungi KRPL Desa Nibung

742
0
SHARE
Bupati Bateng Kunjungi KRPL Desa Nibung

KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng) Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., yang didampingi Kepala Dinas Pangan, Edi Romdhoni, S.P, MM., Kepala Dinas Perikanan, Taufik, S.P., MM., Sekretaris Camat Koba Rina Loren, S.STP, perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mentari Desa Nibung serta penyuluh Dinas Pangan, mengunjungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Nibung, Rabu (26/02/2020).

Rombongan Ibnu Saleh disambut dengan tarian tradisional desa setempat dilanjutkan peninjauan dengan jalan kaki berkeliling lokasi KRPL yang digalakkan oleh KWT Mentari Desa Nibung, yakni program optimalisasi pemanfaatan lapangan pekarangan warga untuk kegiatan pembibitan sayur-mayur.

Dalam peninjauan tersebut, Ibnu Saleh menyebutkan bahwa KRPL di Desa Nibung telah dikelola secara serius serta mengalami peningkatan. Ini menandakan upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bertani menunjukan hasil yang baik.

"Alhamdulillah, pada hari ini kita bisa bersama-sama mengunjungi KRPL KWT Desa Nibung. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari KWT ini, selain kebutuhan rumah tangga untuk dikonsumsi, hasil tani yang dikelola juga bisa dipasarkan ke masyarakat luas," ucap Ibnu.

"Kita sudah melihat mereka punya kebun induk dan pembibitan. Artinya setelah masa panen ada bibit atau tanaman yg akan dikelola kembali," lanjut Ibnu.

Diakuinya, KWT yang terbaik di Bangka Tengah saat ini adalah KWT Mentari yang mengelola KRPL Desa Nibung. Untuk itu, Ibnu mengimbau agar KWT desa lainnya terus belajar dan serius menekuni kegiatan pertanian.

 "KWT Desa Nibung ini dapat dijadikan pembelajaran sebagai contoh KWT lainnya di Bateng maupun Babel. Hampir semua desa mempunyai KWT yang baik, tapi KRPL yang dikelola KWT Desa Nibung terbaik saat ini," jelas Ibnu.

Pemerintah Kabupaten Bateng terus berkomitmen dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan melalui APBD maupun APBDes. Dalam hal ini Pemkab Bateng berharap KWT maupun pelaku tani lainnya dapat meningkatkan kreativitas maupun inovasi sehingga hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.* (IAN/APJ/Foto:IAN)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah